image01
SMK INFORMATIKA PESAT
Monday, July 8, 2013

hal-hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan dan mengurangi pahala puasa

0 comments

hal-hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan dan mengurangi pahala puasa   

Puasa ( shaum ) ramadhan merupakan bulan penuh ampunan maghfiroh  dan pahala yang berlimpah , berlipat ganda dari Allah SWT, bagi orang-orang beriman yang sabar dan khusu beribadah dalam menjalaninya puasa shaum ramadhan.

hal-hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan dan mengurangi pahala puasa

Oleh karena itu jangan sia-siakan waktu dan acuh akan kedatangan bulan puasa dengan perbuatan dan hal-hal tak berguna seperti hal-hal yang membatalkan puasa shaum ramadhan dan hal yang mengurangi serta menghilangkan pahala puasa . Faktor dan sebab-sebab Apa saja yang bisa membatalkan puasa shaum ramadhan dan menghapus pahala shaum ramadhan?

Berikut adalah 5 hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan menghapus pahala puasa;

1.Makan dan minum dengan sengaja kecuali lupa maka tidak batal puasanya dan dilanjutkan kembali puasa
2. Jima' ( bersenggama) berhubungan seks suami istri di siang hari disaat puasa ramadhan
3. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja. Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluarnya tanpa sengaja.
4. Keluarnya darah haid dan nifas bagi wanita diwajibkan untuk tidak puasa atau membatalkan puasa jika sedang puasa sebelumnya.
 5.Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Setelah sobat mengetahu 5 hal yang bisa membatalkan puasa , tentunya perlu diketahui juga  hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa  artinya jika 5 hal yang membatalkan puasa bisa kita hindari , maka puasa kita dikategorikan berhasil secara syarat batal puasa, namun sempurnakah puasa kita ? apakah kita dapat pahala ? ya hanya pahala menahan lapar dahaga saja,,  Apa saja hal-hal yang dapat mengurangi dan menghilangkan nilai pahala puasa ?

Berikut adalah 5 hal yang dapat mengurangi pahala puasa

1. Berbohong/berdusta
2. Menggunjing atau membicarakan orang
3. Mengadu domba antar sesama
4. Sumpah palsu
5. Melihat dengan syahwat

Mudah-mudah kita selalu dilindungi Alloh SWT dan terhindar dari hal-hal  yang membatalkan puasa shaum ramadhan dan hal yang mengurangi serta menghilangkan pahala puasa. آمين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
header 728 x 90 3

Leave a Reply