image01
SMK INFORMATIKA PESAT
Monday, June 3, 2013

5 Gadget Firefox OS Sedang Diproduksi

0 comments

KOMPAS.com - Perusahaan pemanufaktur Hon Hai Precision Industry mengaku, Senin (3/6/2013), sedang memproduksi perangkat yang berjalan dengan sistem operasi Firefox OS, termasuk ponsel pintar, tablet, dan televisi. Saat ini ada lebih dari lima jenis perangkat yang sedang dalam proses pembangunan.

Hon Hai, yang berbasis di Taiwan, merupakan mitra ke-19 yang menjalin kemitraan dengan Mozilla Foundation untuk turut mengembangkan Firefox OS. Hon Hai lebih dikenal dengan nama dagang Foxconn dan pemanufaktur produk Apple.

General Manager of the Foxconn Innovation Digital System Business Group, Young Liu mengatakan, pihaknya menginvestasikan pabrik yang berlokasi di Kaohsiung, Taiwan, dan berencana memperkerjakan 500 sampai 1.000 karyawan untuk memproduksi perangkat keras, perangkat lunak, konten dan layanan Firefox OS.

Liu menekankan bahwa Hon Hai tidak membuat merek sendiri untuk perangkat Firefox OS. Pihaknya lebih memberi solusi untuk mitra pemilik merek teknologi.

"Solusi dari Mozilla akan melengkapi kekurangan dari sistem operasi yang sudah ada seperti Android. Saat ini tidak ada solusi berbasis HTML5 dan teknologi web terbuka," ujar Liu seperti dikutip dari Reuters.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka buatan Mozilla. Proyek B2G pertama kali diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Selain Hon Hai, mitra lain yang telah berkomitmen turut mengembangkan Firefox OS antara lain Alcatel, TCL, LG, ZTE, dan Huawei. Beberapa perusahaan operator seluler juga mendukung seperti Deutsche Telekom (induk perusahaan T-Mobile), Etisalat (yang beroperasi di 18 negara termasuk Timur Tengah, Asia dan Afrika), Sprint di Amerika Serikat, dan Telefónica di Spanyol.

Kompas.com

www.ahyarpesat.blogspot.com © SMK Informatika Pesat Bogor
header 728 x 90 3

Leave a Reply