image01
SMK INFORMATIKA PESAT
Monday, May 27, 2013

Kebun Raya BogorTanam 32 Bunga Bangkai

0 comments

BOGOR-Kebun Raya Bogor (KRB) berulang tahun ke-196. Jelang dua abad, KRB akan terus menyelaraskan konservasi dengan pariwisata.

Rangkaian perhelatan ultah itu juga diramaikan dengan bazar tanaman, serta perlombaan pembuatan suvenir KRB yang diikuti para pelajar di Kota Bogor.

Selain itu, dilaksanakan penanaman bibit bunga bangkai, dari hasil perbanyakan biji serta penandatanganan MoU antara LIPI dengan Kebun Raya Solok, Sumatera Barat.

Kegiatan itu merupakan bagian dari upaya LIPI penyelamatan flora Indonesia dari kepunahan.

"Bunga bangkai adalah ikon Kota Bogor. Melalui pesona bunga bangkai, pesan-pesan konservasi dan cinta flora Indonesia dapat disebarkan hingga mancanegara," kata Kepala PKT KRB Mustaid Siregar, dalam sambutannya di Lapangan Astrid, kemarin.

KRB ingin menciptakan harmonisasi antara manusia dan tumbuhan, sehingga tercipta hubungan erat antara konservasi dan pariwisata. Meski sudah tua, koleksi tanaman dan tumbuhan di KRB tidak berkurang, bahkan kian kaya.

Sementara itu, Kepala Bidang Konservasi ex Situ KRB Bogor, Joko Ridho Witono mengatakan, saat ini koleksi bertambah dan stabil, meski kadang-kadang berkurang karena faktor usia dan alam.

"Berkurang karena usia tumbuhannya sudah tua. Selain itu, Bogor ini kan sering hujan, kalau ada hujan deras dan pohon tumbang, itu juga jadi alasan berkurangnya," kata Joko.

Namun, KRB bertekad selalu menambah koleksi tumbuhantumbuhannya. "Kami ada program eksplorasi ke daerah-daerah, untuk membawa tumbuhan ke KRB. Semua tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor ini bukan tumbuhan asli Bogor, tapi dari seluruh daerah di Indonesia," pungkasnya.(ram/c)

Radar Bogor

Sponsored by Blackberry Smartphone App
header 728 x 90 3

Leave a Reply