image01
SMK INFORMATIKA PESAT
Thursday, May 30, 2013

Ini Spesifikasi Calon Pengganti Bajaj dari Swedia

0 comments

Jakarta - Tanda-tanda berakhirnya era Bajaj tiga roda di Indonesia sudah datang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja mengizinkan perusahaan teknologi asal Swedia untuk memproduksi pengganti Bajaj, namun dengan tenaga listrik.

Seperti diketahui Bajaj tiga roda bisa dianggap tidak ramah pada lingkungan karena banyak asap yang keluar dari knalpotnya. Untuk itu, diperlukan sebuah solusi baru untuk kendaraan komuter perkotaan sebagai penggantinya.

Nah, pada kunjungan kenegaraan ke Swedia, SBY telah melihat kendaraan roda tiga bertenaga listrik buatan Swedia bernama Zbee yang diproduksi oleh Clean Motion, sebuah kendaraan roda tiga bertenaga listrik yang ramah lingkungan.

Kunjungan SBY ke Swedia pada 27-29 Mei menurut situs kedutaan Swedia adalah kunjungan bersejarah sebab terakhir kali pemimpin Indonesia datang ke Swedia adalah pada 3-5 Mei 1959 saat Soekarno datang ke sana.

Clean Motion dikabarkan akan segera masuk Indonesia dan akan segera memulai kegiatan produksi pertama Zbee yang menurut situs resmi kedutaan Swedia akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang di Jawa Timur.

Ada kabar yang mengatakan kalau mobil ini juga akan diperlihatkan di Indonesia pada 12 Juni mendatang di Jakarta. Gubernur Jakarta dikabarkan diundang untuk menyaksikan kendaraan yang bentuknya mirip Bajaj di Balai Kota Jakarta.

Meski tampangnya mirip Bajaj roda tiga, Zbee sangat berbeda. Karena bila Bajaj tiga roda bisa dianggap tidak ramah pada lingkungan, tenaga listrik yang diaplikasi Zbee membuatnya sangat ramah pada lingkungan.

Lalu seperti apa Zbee sebenarnya? Pada situs resminya Clean Motion memaparkan kalau Zbee adalah urban vehicle yang ramah lingkungan.

Dimensi kendaraan ini berada di angka 2.400x1.250x1.500 mm (PxLxT) dengan berat hanya 230 kg berkat penggunaan bahan FRP (Fibre Reinforced Plastic) di tubuhnya.

Untuk keamanan, Zbee juga memiliki sabuk pengaman tiga titik.

Tenaga yang bisa diperlihatkan motor listrik milik Zbee berkisar di angka 2-4 kW dengan tingkat efisiensi 4 kWh per 100 km.

Dengan begitu, dalam kondisi standar kendaraan roda tiga Eropa ini mampu menjelajah 50 km jalan sebellum harus diisi kembali tenaganya. Sementara untuk kecepatan maksimalnya, Zbee mampu berlari dengan topspeed 45 km/jam.

Detik.com

www.ahyarpesat.blogspot.com © SMK Informatika Pesat Bogor

header 728 x 90 3

Leave a Reply