image01
SMK INFORMATIKA PESAT
Thursday, May 23, 2013

Anak Sekolah Bikin Mobil Listrik Sendiri

0 comments

Pennsylvania - Anak muda memang penuh dengan kreativitas. Lihat saja anak sekolah asal Pennsylvania, Amerika Serikat ini. Dia membuat dan membangun sebuah mobil listrik sendirian.

Juan Ehringeras, adalah seorang siswa Sekolah Menengah Atas di Pennsylvania, AS yang berhasil mengembangkan mobil listrik seperti yang dilakukan pabrikan mobil besar.

Dia memang tidak membangun dari ulang bodi dan rangka mobil. Pelajar tersebut hanya memanfaatkan mobil sport Honda S2000 bekas sehingga harganya pun murah.

Ehringeras membeli sebuah 'bangkai' Honda S2000 yang sudah rusak untuk kemudian dibenahi kembali menjadi mobil listrik. Kaki-kaki dan drive train-nya masih mengandalkan mobil asal Jepang itu.

Sementara itu mesin konvesional mobil Honda S2000 dilucuti untuk bisa meletakkan motor listrik serta baterai sebagai pusat tenaga serta hardware-nya seperti dilansir leftlanenews, Jumat (24/5/2013).

Berbekal komputer di rumahnya, Ehringeras mulai merancang kembali mobil rusak itu. Mesin bensinnya disingkirkan dan diganti dengan dua motor listrik. Pemilihan dan pemasangan motor listrik ini dia lakukan sendiri. Begitu juga dengan pemasangan baterai hingga sistem kontrol kendaraan.

Motor listrik hasil rancangan Ehringeras mampu melontarkan tenaga 686 Kilowatt atau setara 919 tenaga kuda.

"Di waktu senggang saya melakukan pekerjaan rumah dan merancang mobil ini. Saya juga penggemar jetski dan memiliki bisnis sendiri. Bisnis saya pada dasarnya merancang di CAD dan memotongnya dengan laser," kata Ehringeras.

Meski begitu, Ehringeras mengakui kalau mobilnya ini masih belum sempurna. Selain eksterior yang masih berantakan, dia kini juga sedang mencari solusi untuk mengatasi getaran di sektor belakang dan meningkatkan sistem pengisian tenaganya.

Detik.com
Sponsored by Blackberry Smartphone App
header 728 x 90 3

Leave a Reply